DOSEN FASILKOM UNILAK BERIKAN PELATIHAN ROBOTIKA

Pekanbaru 29/014/2019 – Dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Dosen Fasilkom Unilak lakukan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan tema Robotika Sederhana Menggunakan Smart Control Arduino Uno. Tema diangkat juga memantapkan dalam Revolusi Industri 4.0 yang sedang digalakkan pemerintah.

Kegiatan PKM ini adalah rutin dilaksanakan rutin setiap semester di SMA PGRI Pekanbaru, pada semester 2018/2019 lalu team PKM yang diketuai oleh Roki Hardianto, M.Kom mengangkat tema Office Perkantoran. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senen, 29 April 2019 di SMA PGRI Pekanbaru dihadiri oleh siswa kelas XI.

Dalam PKM ini, siswa diberikan pembekalan merakit sebuah lampu pintar (smart lamp) menggunakan microcontroller Arduino Uno. Yaitu lampu bisa di kontrol menggunakan smart phone atau akan mati dan hidup otomatis berdasarkan waktu yang telah di atur.Para siswa sangat antusias dalam melaksanaan PKM, hal ini terlihat siswa dipandu bagaimana merakit alat yang digunakan.

“Saya sangat suka robotika, ini hal baru yang bisa saya pelajari dan ini bisa menjadi bekal setelah saya tamat SMA” ungkap Budiman

Hal senada juga di ungkapkan oleh siswa lain, Dimas “Bapak Roki rutin laksanakan pelatihan, semester lalu tentang office dan semester ini tentang robotika dan sangat bermanfaat bagi kami”.

Kepala SMA PGRI Pekanbaru, Dra. Karnida menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah bagi SMA PGRI dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning. Kami berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan kedepannya.

“Semoga ini terlanjut dan bisa memberikan ilmu baru kepada siswa dan guru di lngkungan SMA PGRI Pekanbaru” tutur Nenni, Wakil Kepala Sekolah Bidang Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.