fasilkom@unilak.ac.id 08117532015

Untuk Mahasiswa Unilak Asal Rohul, Ada Beasiswa S1,Segera Cek Disini

Unilak Riau - Kabar gembira bagi mahasiswa asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang sedang kuliah strata satu (S1) di perguruan tinggi negeri dan swasta. Pemkab bersama DPRD Rohul sepakat mengalokasikan kembali program beasiswa.

Bantuan beasiswa untuk mahasiswa pendidikan S-1 tersebut telah dialokasikan pada APBD Rohul Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp1 miliar.

Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST MSi kepada Riau Pos, Selasa (10/1) menyebutkan, dihidupkannya kembali program beasiswa untuk mahasiswa asal Kabupaten Rohul yang sedang mengikuti pendidikan S-1 di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Menurutnya, sebagai bentuk perjuangannya dalam merealisasikan aspirasi dan tuntutan kepada mahasiswa asal Kabupaten Rohul. Mengingat selama ini, pemerintah daerah dan DPRD Rohul berupaya menyelesaikan persoalan dana hibah beasiswa mahasiswa yang lama, dan kembali merancang program beasiswa untuk mahasiwa tanpa ada masalah yang dimulai tahun 2023

''Ini komitmen bersama pemerintah daerah dan DPRD dalam memperhatikan mahasiswa asal Kabupaten Rohul yang terkendala pembiayaan untuk melanjutkan pendidikan atau kurang mampu serta berprestasi di perguruan tinggi,'' sebutnya.

Politisi Partai Gerindra Rohul itu menyerahkan secara teknis kepada OPD terkait, kriteria mahasiswa asal Rohul yang akan mendapatkan beasiswa. Bantuan program beasiswa tersebut di luar dari bantuan penyelesaian tugas akhir (skripsi).

Dia mengingatkan kepada OPD terkait, persoalan bantuan program beasiswa yang telah berlalu, dapat dijadikan pembelajaran. Sehingga prosedur dan sistem yang ditetapkan atas kajian teknis yang dibuat oleh OPD terkait, ini tidak lagi membuat celah terjadi masalah baru di kemudian hari.

Pria yang akrab sapa Bung Wanda itu, mengharapkan program beasiswa untuk mahasiswa pendidikan S-1 yang anggarannya telah diperjuangkan dan masuk kedalam APBD Tahun Anggaran 2023, agar benar-benar bisa dirasakan dan dimamfaatkan sebesar-besarnya untuk para insan pendidikan.

''Hari ini kita memulai dengan program beasiswa untuk mahasiswa S-1, dan tidak menutup kemungkinan juga, jika program dan sistimnya bagus, maka alokasi anggaran beasiswa ini kedepan akan kita naikkan,'' janji Wanda.

Begitu juga untuk program beasiswa Paska Sarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3) lanjutnya, kedepan sangat bisa sebenarnya pemerintah daerah untuk memberikan perhatian kesana. Namun untuk tahap awal paska mati surinya program beasiswa untuk mahasiswa Rohul ini.

''Saya ingin sistimnya dulu dimatangkan, nanti soal alokasi anggaran jika berhasil program ini, saya pikir berkewajikan pemerintah daerah untuk terus memberikan dukungan kepda insan pendidikan dan masyarakat yang mengeyam pendidikan. Tetapi terkendala masalah biaya atau masalah lain yang bisa dibantu atau disubsidi oleh pemerintah,'' terangnya

Apa yang menjadi dorongan untuk menghidupkan kembali program pbeasiswa untuk mahasiswa pendidikan S-1, Wanda mengatakan, banyak potensi dari warga Rohul ini, memiliki kemampun pengetahuan dan akademiknya yang bagus. Tapi terkendala dengan pembiayaan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Sehingga harus ada perhatian dan campur tangan Pemkab Rohul, dalam kontek untuk memberikan bantuan stimulan atau subsidi mempermudah bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Sehingga SDM Kabupaten Rohul ini kedepan mayoritas orang memiliki pendidikan yang bagus. Dengan sendirinya, akan memberikan efek dan mempengaruhi terhadap situasi ekonomi, pendidikan, akhlak dan seterusnya.

Karena pendidikan ini, merupakan investasi jangka panjang bagi daerah yang dijuluki Negeri Seribu Suluk.''Makanya kita harapkan dengan dimulainya kembali program beasiswa untuk mahasiswa pendidikan S-1, agar berhasil dengan sistimnya dikaji dengan baik, dan OPD terkait bisa belajar ke daerah lain yang telah berhasil melaksanakan program beasiswa di daerahnya,'' tuturnya.

Wanda mengharapkaan program beasiswa ini, salah satu mewujudkan misi kesatu kepala daerah yakni Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia Cerdas dan Sehat Dilandasi Keimanan dan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tentunya kedepan menghasilkan para intelektual organic dan mempunyai ide gagasan untuk perkembangan dan kemajuan Kabupaten Rohul dimasa mendatang.(sumber : Riaupos)

Tuliskan Komentar

Hello!

Klik salah satu customer service kami untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami fasilkom@unilak.ac.id

Support Customer Service
628117532015
Hubungi kami dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB
Halo! Apa yang bisa kami bantu?
×
Apa yang bisa saya bantu?