fasilkom@unilak.ac.id 08117532015

Unilak MoU Dengan MAN 1 Pekanbaru, Kepala Sekolah Dorong Siswa dan Guru Untuk Lanjut Kuliah

Unilak Riau - Di hari yang baik yakni, Jumat, 20/01/2023 Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan MAN 1 Pekanbaru, Jumat 20/01/2023 2022.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi dengan Norerlinda, M.Pd, Kepala Sekolah MAN 1 Pekanbaru, turut hadir Wakil Dekan I Sekolah Pascasarjana Unilak Dr Anto Ariyanto, Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Kaprodi Magister Pedagogi Unilak Dr Marwa.MA, dan sejumlah Wakil Kepala sekolah, guru dari sekolah yang beralamat di Jalan Bandeng Kec Marpoyan Damai ini.

Pelaksanaan kerjasama dalam rangka Tri Darma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualtias pendidikan untuk siswa, tenaga pendidik, dan guru-guru. Ada 9 bidang kerjasama yang dilakukan Unilak dengan MAN 1 Pekanbaru, diantaranya pelatihan, pendampingan, perpustakaan, pengembangan inovasi dan teknologi, jurnal, kurikulim, karya ilmiah, publikasi, promosi dan lain-lain.

Saat pelaksanaan MoU, Dr Junaidi yang juga anggota Dewan Pendidikan Riau ini memberikan motivasi kepada guru dan staf MAN 1 dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan di zaman digitalisasi dan revolusi industri 4.0. Selain itu Dr Junaidi juga mendorong guru-guru di MAN 1 Pekanbaru yang berlum S2 untuk melanjutkan studi ke S2 dan yang belum berpendidikan doktor untuk dapat lanjut ke program doktor.

Dr Junaidi yang ditemui usai MoU menyebutkan kerjasama dengan MAN 1 dalam rangka peningkatan SDM guru-guru dan siswa MAN 1 Pekanbaru. Sepanjang 2022 kami telah melakukan kerjasama lebih dari 20 sekolah di Riau, dan di awal tahun 2023, MAN 1 Pekanbaru menjadi sekolah pertama dilakukan MoU dengan Unilak.

Dr Junaidi menyampaikan bahwa saat ini di Unilak telah berdiri Magister Pedagogi, dan ini dapat menjadi pilihan bagi para guru-guru di MAN1 dan Riau untuk dapat melanjutkan studi Pascasarjana di Unilak.

Selain melakukan MoU di MAN 1, Dr Junaidi juga melakukan dialog dengan siswa kelas 12 di mesjid sekolah yang diikuti lebih dari 120 siswa. Dan memberikan tips untuk memilih tempat kuliah dan jurusan.

" Salah satu cara untuk memilih kampus sebagai tempat kuliah adalah dengan berdiskusi dengan orang tua, setelah itu tentukan jurusan yang diminati, pilih alternatif jurusan, lihat akreditasi kampus dan Prodi, kemudian perlu juga melihat biaya. Beberapa orang tua terkadang melarang anaknya untuk kuliah ke luar Riau, maka dari itu ketika ada perbedaan untuk tempat kuliah maka perlu meyakinkan orang tua, doa dan restu orang tua penting untuk keberhasilan dalam pendidikan dan kehidupan." ucap Dr Junaidi. 

Sementara itu Kepala Sekolah Norerlinda, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unilak yang telah hadir dan memberikan motivasi kepada guru-guru, siswa MAN 1 Pekanbaru.

Alhamdulillah kita bersyukur MoU dengan Unilak hari ini, motivasi dari Rektor Unilak luar biasa. Saya sepakat dengan Rektor Unilak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, perkembangan zaman dan tantangan saat ini tidak bisa dihindari, dan pendidikan adalah salah satu caranya menghadapi itu, ucap Norelinda.

" Saya sering menyampaikan kepada guru-guru untuk melanjutkan S2, di MAN  guru sudah S1 karena syaratnya S1. Saya sangat suport kepada guru-guru yang ingin melanjutkan S2, bahkan dalam pembelajaran kita memberikan kemudahan, guru guru yang sedang S2 kita permudah proses mengajarnya di sekolah, belajar mengajar dapat berjalan dan studi S2 juga bisa lancar dan cepat selesai.Ucap Norerlina.M.Pd.

Tuliskan Komentar

Hello!

Klik salah satu customer service kami untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami fasilkom@unilak.ac.id

Support Customer Service
628117532015
Hubungi kami dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB
Halo! Apa yang bisa kami bantu?
×
Apa yang bisa saya bantu?