fasilkom@unilak.ac.id 08117532015

Dosen Fakultas Teknik Unilak Bantu Warga Tentang Sistem Petanahan

Unilak Pekanbaru--Dosen Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning Pekanbaru mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Agrowisata Rumbai. Kegiatan PKM berkaitan dengan kelistrikan dengan judul Ibm Penerapan Sisitem Pentanahan di Kelurahan Agrowisata.

Tim Dosen yang membantu PKM yaitu sebagai ketua Abrar Tanjung, ST MT, anggota Hamzah ST, MT, P.h.D, dan Arlenny ST.MT, yang dilaksanakan di kantor lurah 5 Januari lalu. Dengan peserta Karang Taruna, ASN Kelurahan, PKK, Babinsa, dan staf Keluarahan Agrowisata. 

Disebutkan Abrar sistem pentanahan merupakan suatu cara mengatasi gangguan yang disebabkan oleh gangguan alam, interanl dan gangguan human error pada suatu objek ysng terdapat sistem kelistrikan melalui suatu penghantar menuju ke bumi menggunakan elektroda pentanahan. Elektroda pentanahan terbuat dari bahan logam misalnya tembaga, besi, nikel, emas dan bahan logam lainnya, tetapi paling banyak bahan yang di bgunakan terbuat dari bahan tembaga, karena mempunyai daya tahan panas yang tinggi dan daya hantar yang baik.

Ditegaskan Abrar, standarisasi peralatan kelistrikan menjadi penting, acuan atau ketentuan telah diatur oleh Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) di bidang kelistrikan dan standar PLN (SPLN). Kegiatan pengabdian IbM dibuka dan ditutup oleh Lurah Agrowsiata bapak Zulken, SP.

"Masyarakat Keluarahan Agrowisata sering mengalami gangguan dan kerusakan pada peralatan dan komponen listrik dan elektronika di akibatkan oleh gangguan alam seperti sambaran petir, hewan, gangguan internal seperti kerusakan isolator, putusnya kawat atau kabel dan gangguan manusia atau human error," ujar Abar.

Maka dari itu kami (Dosen Teknik Unilak ) memberikan solusi materi yang berkaitan dengan sosialisasi Sistem Pentanahan sesuai dengan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) bidang ketenagalistrikan dan PUIL 2011, Kemudian penyuluhan dan pelatihan dalam pemahaman dan pengetahuan tentang Sistem Pentanahan sesuai dengan standarisasi kelistrikan serta pendampingan.

Dikatakan Abrar materi di berikan meliputi Jenis Jenis peralatan dan bahan instalasi listrik, peraturan kelistrikan yang berlaku PUIL 2011, standarisasi (SNI), penggunaan bahan-bahan dan pemasangan peralatan instalasi listrik, " sebut Abrar

" Kami berharap kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat dan dapat mengatasi gangguan dan permasalahan pada Sistem Pentanahan serta dapat mencegah terjadi kebakaran yang di akibatkan oleh sambaran, pemakaian bahan dan peralatan listrik yang tidak sesuai dengan PUIl 2011 dan Standar Nasional Indonesia (SNI)," harap Abrar.

Sementara itu Lurah Agrowisata Zulken memberikan apresiasai kegiatan yang dilakukan Dosen Fakultas Teknik Unilak. Kegiatan ini dapat menambah wawasan dalam permasalahan instalasi listrik baik di perumahan dan bangunan lain khususunya tentang standarisasi yang berlaku pada Sistem Pentanahan, apalagi sebagai narasumber berasal dari professional yaitu dari dosen Program Studi Teknik Elektro Falultas Teknik Unilak.

Dikatakannya lagi, kegiatan ini dapat membantu mengurangi permasalahan tentang bahaya dan akibat kebakaran serta peserta dapat menyebarkan informasi dan pengetahuan kepada warga lainnya.  " Kami juga berharap agar kegiatan pengabdian ini dapat di lanjutkan pada masa yang akan datang secara berkelanjutan." ujar Zulken

 

 

 

Tuliskan Komentar